4 Aplikasi Ponsel Android Yang Akan Disukai Setiap Programmer

Bagi kebanyakan programmer, pemrograman bukan hanya pekerjaan atau hobi, itu benar-benar cara hidup. Ketika seorang programmer dihadapkan dengan gadget baru, pikiran pertama biasanya “bagaimana saya bisa memprogramnya?” Pemrogram hidup untuk mengubah, menyesuaikan, dan meretas perilaku gadget mereka, dan ini terutama benar jika menyangkut perangkat seluler tempat mereka tinggal, bekerja, dan bermain setiap hari.

Setiap bahasa baru memiliki kurva belajar – ini adalah proses mempelajari perintah, fungsi dan struktur bahasa, berlatih dan kemudian membangun aplikasi. irrawaddymedia.com telah membahas beberapa aplikasi hebat untuk mempelajari keterampilan pemrograman, seperti Alice dan Scratch.

Bagi programmer yang memiliki ponsel Android, sangat menggoda untuk bereksperimen, karena siapa pun diizinkan untuk menulis aplikasi yang berjalan di OS Android. Saat ini ada beberapa aplikasi fantastis untuk programmer dan saya akan membagikan 4 di antaranya kepada Anda hari ini.

1. Crazy With Frink

Frink adalah bahasa pemrograman yang dinamai ilmuwan unik, John Frink, dari The Simpsons . Bahasa ini diciptakan oleh Alan Eliasen sebagai metode lanjutan untuk melakukan perhitungan, termasuk menangani pengukuran dan dimensi berbagai bentuk. Alan sekarang menawarkan lingkungan pemrograman Frink untuk Android.

Kunjungi situs webnya untuk beberapa fungsi khusus Android yang dapat Anda gunakan dalam aplikasi ini.

Halaman pertama yang akan Anda lihat adalah lingkungan pengeditan tempat Anda dapat menulis skrip Frink yang ingin Anda uji. Untungnya, dia telah menyertakan sejumlah contoh skrip sehingga jika Anda baru mengenal Frink, Anda dapat melihat bagaimana bahasa terstruktur. Klik ” Jalankan ” dan pop-up terbuka dengan output dari program Anda.

Frink menyenangkan untuk bermain-main dengan membuat skrip untuk perhitungan dan fungsi, dan Alan menyertakan beberapa fungsi khusus Android, tetapi Anda tidak akan dapat melakukan fitur tampilan lanjutan apa pun menggunakan Frink. Namun, jika tujuan Anda adalah mempelajari bahasa pemrograman Frink di waktu luang Anda, ini adalah aplikasi untuk Anda.

2. Buat Aplikasi Android Pertama Anda Dengan iProgram

Salah satu aplikasi pemrograman favorit saya di Android adalah iProgram. Setelah Anda mendaftar untuk akun online, Anda dapat mulai membuat skrip yang sangat fungsional yang benar-benar berfungsi seperti aplikasi lain di Android Anda. Ada contoh bagus yang disediakan yang dapat membuat pembuatan aplikasi pertama Anda menjadi mudah.

Di sini, saya telah menggunakan contoh untuk membuat aplikasi yang menampilkan status Wi-Fi ponsel saya dan juga membuat menu dua tombol.

Saat Anda menginstal aplikasi iPhone di ponsel Android Anda, Anda dapat menyinkronkan semua skrip online Anda dengan ponsel Anda. Dari ponsel, Anda dapat melihat skrip dan menjalankannya di Android.

Ini adalah aplikasi pertama saya yang ditulis di iProgram.

Aplikasi ini membutuhkan waktu hampir 15 menit untuk disatukan. Beberapa contoh lain menunjukkan beberapa hal keren yang dapat Anda lakukan – yang harus Anda lakukan adalah mengubah dan menggabungkan berbagai fungsi dalam kode sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengapa mencari aplikasi yang sempurna ketika Anda dapat menulis sendiri?

3. Pelajari Konsep Pemrograman Dengan AndroMaze

Beberapa aplikasi berikutnya yang ingin saya bahas lebih untuk siswa pemrograman yang lebih muda. Yang pertama, yang disebut AndroMaze adalah permainan yang menyenangkan, terutama jika Anda menyukai ide pemrograman robot menggunakan urutan fungsi dan kemudian membiarkan robot menjalankan perintah tersebut. Dengan AndroMaze, semuanya dapat disesuaikan, termasuk labirin itu sendiri, seperti yang Anda lihat di sini.

Setiap “level” dalam gim terdiri dari ruang terbuka, dinding, dan balok, atau “tujuan” yang harus dikumpulkan oleh bot Droid kecil Anda. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memprogram robot untuk bekerja melalui labirin dan mengumpulkan setiap tujuan. Perintahnya lurus, belok kiri, atau belok kanan.

Meskipun konsepnya sederhana, sebenarnya ini adalah permainan yang sangat baik untuk mengajari siswa pemrograman yang lebih muda tentang konsep logika sekuensial dan subrutin. Program dimasukkan dengan menyeret simbol ke bidang “Prog”, dan mengklik tombol “jalankan”.

Perhatikan saat robot kecil Anda mengikuti setiap perintah Anda. Anda bahkan dapat membuat subrutin yang dapat diulangi oleh robot – cara yang lebih baik untuk mengajari programmer muda tentang teknik pemrograman cerdas!

Aplikasi pemrograman hebat lainnya untuk siapa saja yang belajar tentang konsep pemrograman disebut Logo Android di Android Market. Logo adalah bahasa pemrograman 1967 sebagai alat pendidikan, tetapi bagi siapa pun yang akrab dengan Turtle Graphics, aplikasi pemrograman ini adalah cara yang fantastis untuk mempelajari cara membuat beberapa grafik yang sangat keren menggunakan skrip.

Jika Anda tidak terbiasa dengan Logo atau Grafik Penyu, cukup periksa halaman di Wikipedia untuk beberapa contoh dan referensi.

Cukup masukkan kode Logo Anda di kotak di bagian bawah layar utama, dan ketika Anda mengklik “Jalankan”, Anda akan melihat program aktif berjalan di “panel Gambar.”

Aplikasi kecil ini sangat adiktif – Anda akan menemukan diri Anda mencari cara untuk membuat pola dan desain yang lebih rumit dan menarik. Ini sebenarnya cukup Zen setelah beberapa saat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.