Bagaimana Memulai Dengan Tasker, Aplikasi Otomasi Android Terbaik

Tasker adalah aplikasi otomatisasi terbaik untuk Android. Dalam panduan pemula ini, kami akan menunjukkan kepada Anda untuk apa Anda dapat menggunakannya dan bagaimana memulainya.

Sistem operasi Android dibangun di atas prinsip-prinsip fleksibilitas. Ia menawarkan lusinan cara untuk mengubah banyak fiturnya dan untuk melakukan berbagai trik yang awalnya tidak dirancang untuk dilakukan.

Anda akan kesulitan menemukan aplikasi Android yang unggul dalam meningkatkan fleksibilitas ini seperti halnya aplikasi otomatisasi Tasker. Kuat, ramping, dan sangat berguna, Tasker adalah aplikasi serbaguna yang harus dimiliki setiap pengguna Android.

Tapi apa yang begitu baik tentang Tasker, dan apa sebenarnya yang bisa dilakukannya untuk Anda? Mari lihat.

Apa itu Tasker?

Tasker adalah aplikasi hebat yang dapat membantu Anda mengotomatiskan berbagai tugas sehari-hari di ponsel pintar Android Anda. Ini dapat menggantikan ratusan aplikasi khusus tujuan seorang diri dan memberi Anda alat untuk mengubah perangkat Anda dalam segala macam cara.

Ingin ponsel Anda mengirim SMS lokasi persis Anda secara otomatis saat pasangan Anda menelepon? Bagaimana mengunci aplikasi media sosial Anda setelah Anda tiba di tempat kerja Anda? Nah, Anda dapat mencari aplikasi yang melakukan itu (spoiler: ini pekerjaan yang sulit) atau Anda dapat membiarkan Tasker menanganinya untuk Anda dengan mulus.

Cara terbaik untuk menggambarkan Tasker adalah sebagai aplikasi otomatisasi kecil yang bagus yang melakukan banyak hal luar biasa yang Anda bahkan tidak tahu bisa Anda lakukan. Ini adalah salah satu aplikasi terbaik untuk menyesuaikan ponsel cerdas Android Anda dengan cara yang kreatif.

Tasker adalah aplikasi berbayar dan tersedia untuk diunduh di Play Store. Untuk mendapatkan uji coba 7 hari gratis untuk aplikasi, Anda harus mengunduh versi yang tersedia di situs web resmi Tasker.

Prosedur instalasi sederhana. Namun, ini membutuhkan cukup banyak izin, jauh lebih banyak daripada rata-rata aplikasi Android Anda. Ini mungkin tampak samar pada awalnya, tetapi memerlukan izin tersebut untuk mengakses fungsi sistem tingkat rendah untuk melakukan tugasnya.

Cara Mengatur Tasker

  1. Di layar beranda Tasker Anda, klik ikon menu tiga titik di sudut kanan atas.
  2. Ketuk Lainnya > Pengaturan Android.
  3. Anda akan menemukan daftar izin Android. Bergantung pada versi Android dan pabrikan ponsel Anda, mungkin ada sedikit variasi tentang cara memberikan setiap izin.

Tentu saja, Anda tidak harus memberikan akses ke semuanya jika Anda merasa tidak nyaman dengannya. Namun, itu mungkin memengaruhi fungsionalitas aplikasi setiap kali Anda mencoba memprogram tindakan otomatis yang memerlukan izin khusus itu.

Cara Menggunakan Tasker

Meskipun aplikasi Tasker memiliki desain yang intuitif, ia memiliki kurva belajar yang curam. Mengorbankan sedikit waktu Anda untuk mempelajari tali biasanya sepadan, terutama karena kekuatan luar biasa yang dapat Anda gunakan pada perangkat Android Anda.

Anda akan menemukan bahwa mengotomatisasi tugas-tugas yang lebih sederhana relatif mudah, dan lebih banyak lagi jika Anda memiliki latar belakang dalam pemrograman komputer.

Komponen Antarmuka Pengguna Tasker

Di layar beranda, Anda akan menemukan empat tab berlabel Profiles, Tasks, Scenes, dan Vars.

  • Profil: tab profil memberi Anda akses untuk membuat semacam wadah atau kumpulan kondisi yang ditambatkan ke tugas. Di sinilah Anda dapat menentukan kondisi yang harus dipenuhi sebelum tugas dipicu.
  • Tugas: tab tugas adalah tempat Anda dapat membuat tindakan atau sekelompok tindakan yang akan dijalankan setiap kali kondisi yang ditentukan dalam profil terpenuhi. Anda dapat mengotomatiskan panggilan, mengirim SMS, mengaktifkan Wi-Fi, mencadangkan file, menghapus sampah, dan ratusan kemungkinan tindakan lainnya.
  • Adegan: ini adalah tempat Anda dapat membuat komponen antarmuka pengguna Anda sendiri. Anda dapat membuat apa saja mulai dari menu dan tombol, hingga munculan dan petunjuk. Anda juga dapat mendesain notifikasi khusus dan bahkan layar kunci aplikasi.
  • Vars: tab untuk mengelola nilai (variabel) yang tidak diketahui yang dapat Anda tetapkan dan bagikan di antara tugas. Nilai-nilai ini biasanya berasal dari informasi sistem dan status perangkat. Mereka bisa apa saja mulai dari waktu dan tingkat baterai saat ini, hingga tingkat kecerahan layar dan nilai suhu. Anda juga dapat menggunakan nilai sebagai kondisi untuk memicu tugas.

Cara Membuat Profil dan Tugas di Tasker

Kekuatan Tasker terletak pada kemungkinan kombinasi kondisi dan tindakan yang tak ada habisnya. Dengan kata lain, prinsip dasarnya adalah; ketika ini terjadi, lakukan ini. Karena ada banyak kondisi yang dapat Anda periksa dan banyak tindakan yang dapat Anda lakukan, Anda dimanjakan dengan pilihan.

Selain itu, Anda dapat menggunakan informasi aplikasi atau sistem, status perangkat, atau peristiwa apa pun sebagai kondisi (yang ditentukan di tab profil) untuk memicu tindakan atau grup tindakan (yang juga dikenal sebagai tugas).

Misalnya, Anda dapat membuat perangkat Anda secara otomatis mengaktifkan mode pesawat (aksi) setiap kali waktu menunjukkan pukul 11:30 (kondisi) untuk menghemat daya baterai dan mengurangi emisi radiasi.

Buat Tugas Otomatisasi Sederhana di Tasker

Untuk mengilustrasikan dengan lebih baik cara menggunakan tab Profil dan Tugas, mari buat proyek otomatisasi sederhana yang mengurangi kecerahan layar Anda pada pukul 19:30 setiap hari dan meningkatkannya pada pukul 7:00 keesokan harinya.

  1. Di layar Beranda Tasker Anda, alihkan ke tab Profil dan ketuk ikon + di sudut kanan bawah layar.
  2. Ketuk Waktu dan atur waktu untuk memicu pengurangan kecerahan layar, diikuti dengan waktu untuk memicu peningkatan.

Setel Pemicu

Ingat, tab Profil adalah tempat Anda menentukan kondisi yang memicu tugas. Anda dapat menggunakan aktivitas aplikasi, hari dalam sebulan, acara perangkat, lokasi geografis, status dan waktu perangkat sebagai pemicu. Untuk proyek otomatisasi kami, kami akan menggunakan waktu sebagai pemicu.

  1. Setelah mengatur nilai waktu, tekan ikon kembali di sudut kiri atas layar.
  2. Anda akan diminta untuk menambahkan Tugas. Klik pada Tugas Baru, ketikkan nama tugas apa pun pilihan Anda dan ketuk ikon tanda centang di layar.
  3. Pada layar berikutnya, klik ikon + dan kemudian pergi ke Tampilan > Kecerahan Tampilan.
  4. Gunakan penggeser untuk mengatur tingkat kecerahan layar ke 40 atau nilai yang lebih rendah dari pilihan Anda.

Hindari nilai yang sangat rendah seperti 0 hingga 10. Di beberapa perangkat lama, ini dapat mengurangi kecerahan ke tingkat yang tidak dapat digunakan.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas:

  1. Tekan tombol kembali dua kali untuk kembali ke layar beranda Tasker Anda. Ini secara otomatis menyimpan hasil edit Anda.
  2. Setelah suntingan Anda disimpan, kecerahan tampilan Anda akan meredup sesuai dengan kecerahan layar yang ditentukan tepat pada pukul 19:30 setiap hari.

Tambahkan Tugas Keluar

Anda juga ingin kecerahan tampilan Anda kembali ke tingkat normal di pagi hari. Untuk melakukan ini, Anda harus menambahkan Exit Task. Tugas Keluar adalah tugas yang dipicu setelah profil menyelesaikan siklusnya. Dengan kata lain, setelah kecerahan layar tetap pada 40 hingga 7:00 keesokan harinya, apa yang harus terjadi?

Untuk menambahkan Tugas Keluar:

  1. Di layar beranda, alihkan ke tab Tugas.
  2. Klik ikon +.
  3. Beri nama tugas Anda “Normalkan Kecerahan Tampilan” atau nama apa pun yang sesuai.
  4. Di layar berikutnya, ketuk ikon + lalu buka Tampilan > Kecerahan Tampilan.
  5. Gunakan penggeser untuk mengatur tingkat kecerahan ke 150 atau kecerahan tampilan siang hari yang menguntungkan dan tekan tombol kembali di sudut kiri atas layar.
  6. Kembali ke tab Profil, cari profil saat ini dan tekan lama pada tugas yang Anda tambahkan sebelumnya.
  7. Ketuk Tambah Keluar Tugas lalu pilih tugas “Normalkan Kecerahan Tampilan” yang Anda buat sebelumnya
  8. Terakhir, klik ikon tanda centang di sudut kanan atas layar untuk menyelesaikan proyek otomatisasi Anda.

Apa Hal Lain yang Dapat Anda Lakukan Dengan Tasker?

Luangkan waktu untuk menjelajahi tindakan dan pemicu yang tersedia di aplikasi Tasker, dan Anda akan takjub melihat betapa banyak lagi yang dapat Anda lakukan dengannya. Contoh kecerahan layar di atas hampir tidak menggores apa yang dapat Anda lakukan dengan Tasker.

Dengan Tasker, Anda dapat:

  • Aktifkan atau nonaktifkan Wi-Fi Anda tergantung pada lokasi Anda.
  • Kunci sandi aplikasi tertentu saat ponsel Anda keluar dari lokasi geografis.
  • Dapatkan lokasi pasti anak Anda melalui SMS atau email hanya dengan menelepon ponselnya.
  • Keluarkan perintah suara khusus ke ponsel cerdas Android Anda.
  • Cadangkan file, SMS, MMS, dan log panggilan Anda secara otomatis.
  • Putar pemberitahuan suara khusus untuk email kantor atau peringatan gaji.

Berikut adalah panduan untuk beberapa hal dasar tetapi menarik yang dapat Anda lakukan dengan Tasker.

Jelajahi Imajinasi Anda

Meskipun Tasker dapat sedikit menakutkan pada awalnya, ketika Anda telah mempelajari seluk beluknya, kemungkinan apa yang dapat Anda lakukan benar-benar tidak terbatas. Selama Anda memahami dasar-dasarnya, membuat proyek otomatisasi yang kompleks menjadi masalah mengeksplorasi imajinasi Anda.

kami memiliki satu saran penting untuk Anda. Pastikan Anda hanya mengunjungi efyei.com yang aman untuk mecari informai lebih lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.