Cara Melindungi Ponsel Cerdas Anda

Smartphone Portal Tekno Geeks cukup banyak di mana-mana hari ini. Sebagian besar dari kita memiliki satu yang kita gunakan tidak hanya untuk membuat panggilan telepon dan mengirim pesan tetapi sebagai tempat di mana kita menyimpan kontak, musik dan foto.

Kami juga menggunakan ponsel cerdas kami sebagai buku hitam kecil yang berisi segala macam data pribadi yang sensitif seperti detail login untuk perbankan online atau situs media sosial. Jadi mengambil langkah-langkah untuk melindungi smartphone Anda sangat penting.

Masalahnya adalah bahwa smartphone berukuran kecil dan sangat portabel sehingga mudah hilang atau dicuri.

Pencurian ponsel pintar

Sebuah smartphone dapat dengan mudah diambil dari meja di kafe atau diambil dari tangan pengguna. Kemungkinan bahwa ponsel cerdas Anda akan dicuri jauh lebih tinggi daripada yang dipikirkan kebanyakan orang.

Setelah pencuri mengambil kebanggaan dan kegembiraan Anda, dia dapat mengunduh data pribadi atau keuangan dari telepon, seperti detail perbankan, tekan tombol reset pabrik untuk menghapus data Anda dan kemudian menjualnya kembali… seharga €500 ($600) di Eropa atau Amerika Utara dan lebih dari $1.000 di Timur Jauh.

Pada saat yang sama, dia akan memiliki kesempatan yang baik untuk membersihkan rekening bank Anda.

Sampai sekitar setahun yang lalu, setengah dari semua pencurian di AS melibatkan perangkat seluler, sementara di London, 10.000 ponsel cerdas dicuri setiap bulan.

Seperti yang Anda lihat, ponsel curian menghasilkan banyak pendapatan bagi geng yang melakukan pencurian ini. Mereka juga menghasilkan bisnis baru bagi produsen, hingga $30 miliar per tahun di telepon pengganti di AS saja.

Mungkin ini menjelaskan mengapa produsen enggan menerapkan sakelar mematikan yang memungkinkan semua ponsel dimatikan dari jarak jauh jika dicuri atau hilang sampai diminta untuk melakukannya oleh undang-undang.

Sakelar pembunuh

Dalam sebagian besar bentuk teknologi, tombol pemutus adalah satu perintah atau tombol yang dapat mematikan sistem yang rumit dengan segera. Di smartphone, itulah perintah matikan .

Sebenarnya ada dua jenis sakelar pembunuh untuk ponsel cerdas – sakelar pembunuh keras yang secara permanen merusak telepon, dan alternatif lunak yang membuat telepon tidak dapat digunakan oleh semua orang kecuali pemiliknya yang sah.

Yang Anda butuhkan hanyalah akses ke komputer, tablet, laptop, atau smartphone lain untuk mengaktifkan tombol pemutus dari jarak jauh.

Kill-switch berfungsi. Apple menambahkan tombol pemutus ke perangkatnya pada September 2013. Dalam 12 bulan berikutnya, jumlah iPhone yang dicuri turun 40 persen di San Francisco dan 25 persen di New York. Di London, pencurian smartphone turun 50 persen.

Sejauh ini, Apple, Samsung dan Google telah menerapkan kill-switch pada smartphone mereka, dan Microsoft diperkirakan akan merilis sistem operasi dengan kill-switch untuk ponsel Windows-nya pada tahun 2015.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.