February 1, 2023

Monitor komputer Anda dengan mudah menjadi salah satu periferal paling penting di meja Anda. Bagaimanapun juga, Anda menghabiskan sepanjang hari untuk menatapnya. Namun kebanyakan orang tidak muncul untuk memutakhirkannya sampai monitor lama mereka hampir mati. Itu bisa dimengerti – monitor tidak semenarik kartu video baru yang mampu melacak sinar atau CPU enam belas inti – tetapi, jika monitor Anda berusia lebih dari lima tahun, inilah saatnya untuk memikirkan peningkatan dengan serius. Anda bisa kehilangan peningkatan besar dalam kualitas gambar, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di panduan pembelian monitor cara memilih tampilan berikutnya.

Mata memilikinya

Alasan terbaik untuk memutakhirkan monitor Anda adalah yang paling jelas: itu akan terlihat jauh lebih baik.

Resolusi adalah peningkatan yang paling nyata. Asus memperkenalkan monitor 4K pertama pada tahun 2013 dengan banderol harga $5.000 yang mencengangkan. Sejak saat itu, harga perlahan turun, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan monitor 4K yang bagus, seperti Dell S2721QS, dengan harga sekitar $300 hingga $400 saat Anda menemukan obral yang bagus.

Resolusi yang ditingkatkan membuat semuanya mulai dari desktop Windows hingga game 3D terlihat jernih dan segar. Font kecil mudah dibaca dan, berkat peningkatan opsi penskalaan Windows, sekarang mudah untuk menemukan skala UI yang nyaman bahkan pada tampilan beresolusi tinggi.

Dan ada lebih dari 4K. Peningkatan resolusi secara umum telah memangkas harga monitor dengan resolusi 2.560 x 1.440, yang sekarang tersedia secara luas mulai dari $250. Ini adalah resolusi yang bagus untuk monitor 27 inci dan ideal jika Anda ingin mendapatkan fitur modern lainnya, seperti kecepatan refresh tinggi atau USB-C (yang akan saya jelaskan segera) dengan anggaran sederhana.

DEALS HARI INI: HARGA TERBAIK HARI INI UNTUK PRODUK POPULER INI

Acer K242HYL

Ada juga kategori baru monitor ultrawide, yang sebagian besar memiliki resolusi 3.440 x 1.440 (setara dengan ketajaman layar lebar pada 2.560 x 1.440). Ruang tampilan tambahan sempurna untuk produktivitas dan terlihat fantastis dalam game 3D modern.

Kecerahan, kontras, dan kinerja warna semuanya juga meningkat. Saya telah melihat peningkatan ini secara langsung karena saya telah meninjau dan menguji tampilan PC dan laptop selama dekade terakhir.

MONITOR 4K DENGAN AKURASI WARNA YANG BAGUS UNTUK PEMBUAT KONTEN DENGAN ANGGARAN TERBATAS

Asus ProArt PA279CV

Monitor tipikal yang dijual satu dekade lalu akan beruntung untuk mencakup seluruh gamut warna sRGB, membuat mereka memiliki ruang warna yang relatif sempit untuk digunakan. Saat ini, banyak monitor tidak hanya menangani sRGB tetapi juga DCI-P3 dan AdobeRGB. Monitor modern hanya menampilkan lebih banyak warna, memberikan presentasi visual yang hidup dan memikat.

Warna juga lebih akurat, bahkan dengan monitor anggaran mencapai skor akurasi warna out-of-box sekali hanya mungkin di monitor kelas atas untuk penggunaan profesional. Ini adalah perubahan besar dari monitor yang dijual lima hingga 10 tahun lalu, yang seringkali sangat tidak akurat – terutama pada spektrum harga paling bawah.

Saat ini, monitor seperti Asus ProArt PA247CV dan Viewsonic VG2455 menghadirkan gambar yang cerah dan penuh warna seharga $250 atau kurang. Samsung S33A, sering kali dijual hanya seharga $170 (atau kurang!), merupakan peningkatan yang mengesankan dibandingkan monitor dengan harga serupa yang dijual hanya lima tahun lalu.

Mini-LED dan OLED meningkatkan kontras dan memungkinkan HDR

Apakah Anda bersedia membelanjakan lebih dari $1.000 untuk sebuah monitor? Jika demikian, ada lebih banyak kabar baik di toko. Monitor terbaik saat ini menawarkan pengalaman HDR yang memberikan rasa kedalaman dan pencelupan yang tak tertandingi.

Monitor Mini-LED, seperti Viewsonic XG321UG dan Asus ROG Swift PG32UQX, adalah yang terdepan dalam tren ini. Mereka mengganti lampu latar LED sederhana yang digunakan oleh monitor lama dengan rangkaian LED yang dikelompokkan ke dalam zona yang dapat menyala dan mati secara mandiri. Ini memberikan dorongan besar pada kontras dan memperkuat sorotan yang benar-benar membakar mata. Film dan game berkemampuan HDR terlihat fantastis.

Ada juga beberapa monitor OLED, terutama Alienware AW3423DW. Monitor OLED tidak seterang Mini-LED tetapi dapat mencapai tingkat hitam yang sempurna dan tidak menunjukkan mekar di sekitar objek.

Monitor ini mahal, tetapi ada alasan untuk berpikir bahwa harga akan diturunkan dalam waktu dekat. Banyak merek monitor telah mengumumkan opsi Mini-LED untuk pertengahan hingga akhir 2022, dan beberapa monitor OLED menggunakan panel yang sama yang ditemukan di Alienware AW3423DW dijadwalkan tiba tahun ini, untuk membeli monitor gaming terbaru Anda dapat membelinya di Sell Gaming Monitor Singapore.

MONITOR GAME TERBAIK SECARA KESELURUHAN

Alienware AW3423DW

Kecepatan refresh, sinkronisasi adaptif, kejernihan gerakan

Kemungkinan monitor LCD lama Anda memiliki kecepatan refresh 60Hz. Monitor 144Hz yang kompatibel dengan G-Sync pertama tiba pada tahun 2014, tetapi tren tersebut tidak populer hingga beberapa tahun kemudian.

Tingkat penyegaran paling sering dijual sebagai fitur untuk para gamer, tetapi ini merupakan keuntungan yang bagus untuk penggunaan sehari-hari. Refresh rate yang tinggi memberikan kesan yang lebih responsif saat menggulir halaman web dan bahkan saat mengetik di dokumen Word. Ini tidak penting , tapi pasti menyenangkan. Multitasker yang menggulir dokumen dan membolak-balik antar jendela dengan kecepatan tinggi akan menganggap kecepatan refresh yang tinggi menarik.

Banyak monitor modern masih 60Hz, tentu saja, tetapi pajak yang melekat pada layar 144Hz menjadi sangat tipis sehingga hampir hilang. Monitor dengan kecepatan refresh 144Hz kini dijual mulai dari $200, dengan banyak opsi 1080p yang luar biasa dalam kisaran harga $250 hingga $300. Jika anggaran Anda memungkinkan, Anda dapat meningkatkan berbagai opsi kecepatan dan resolusi penyegaran yang ditingkatkan. 4K tersedia hingga 144Hz, 1440p dapat dinikmati hingga 240Hz, dan beberapa monitor 1080p mencapai 360Hz.

MONITOR GAMING 165HZ 1080P YANG LUAR BIASA

Acer Nitro XV272

Sinkronisasi adaptif tersebar luas. AMD FreeSync dan Nvidia G-Sync kini kompatibel dengan standar VESA Adaptive Sync, yang telah memperluas ketersediaannya. Masih ada peringatan di sini — monitor dengan modul Nvidia G-Sync masih ada, dan baik AMD maupun G-Sync masih memiliki beberapa tingkatan dukungan sinkronisasi adaptif yang berbeda. Tapi, secara umum, ini hampir merupakan fitur standar pada berbagai monitor – bahkan yang dijual di bawah $200 mendukungnya.

Dan kemudian ada peningkatan yang dapat dinikmati semua orang: kejernihan gerakan. Piksel pada layar LCD panel datar yang lebih tua agak malas. Oh, tentu, mereka akan berubah pada akhirnya ketika diminta – tetapi bisa memakan waktu belasan milidetik atau lebih. Inilah mengapa layar LCD menunjukkan jejak ghosting di belakang objek yang sedang bergerak. Piksel pada layar yang lebih baru lebih bersemangat, dengan yang terbaik memiliki waktu respons piksel hitam-ke-putih sekitar setengah lusin milidetik. Itu peningkatan besar.

Singkatnya, gerakan lebih baik pada monitor modern. Monitor baru akan terlihat mulus dan jernih dalam situasi di mana monitor lama ragu-ragu dan buram.

USB-C luar biasa

Mungkin tidak mengherankan jika monitor modern terlihat lebih baik daripada monitor lama. Itu kemajuan, bukan? Tetapi beberapa monitor baru memiliki peningkatan yang tidak dipikirkan kebanyakan orang: koneksi tampilan.

USB-C, sekarang sudah umum di berbagai smartphone, tablet, dan laptop, juga dapat ditemukan di beberapa monitor. Itu dapat menangani video melalui Mode Alternatif DisplayPort dan memberikan daya ke perangkat yang terhubung melalui Pengiriman Daya. Beberapa monitor memiliki hub USB-C internal yang dapat memperluas konektivitas ke perangkat tambahan, menambahkan Ethernet, dan bahkan menangani video-out.

Ini luar biasa jika Anda memiliki laptop dengan USB-C. Alih-alih menyambungkan laptop ke daya, monitor, dan aksesori lainnya satu per satu, Anda akan menyambungkan semuanya ke monitor, lalu menyambungkan laptop ke monitor melalui USB-C. Anda hanya akan memiliki satu kabel antara laptop dan monitor Anda, mengurangi kekacauan dan menghilangkan kerumitan menghubungkan beberapa kabel saat Anda ingin memasang laptop di meja Anda.

Konektivitas USB-C tetap agak jarang, tetapi model level awal seperti Viewsonic VG2455, Samsung M5, dan Dell S2422HZ mulai dari $250. Monitor dengan konektivitas yang lebih luas, seperti Dell P2723QE, tersedia dengan harga sekitar $500. Ini lebih mahal daripada monitor tanpa USB-C tetapi harganya mirip dengan membeli monitor dan dok USB-C eksternal satu per satu.

Waktu untuk meningkatkan adalah sekarang

Siap melakukan peningkatan?

MONITOR YANG TERJANGKAU UNTUK SETIAP KESEMPATAN

Acer K242HYL

Ini saat yang tepat untuk membeli. Sementara tekanan kekurangan chip dan inflasi sangat memengaruhi sebagian besar elektronik, monitor agak terisolasi. Setelah lonjakan permintaan monitor pada tahun 2020, minat memudar kembali normal, membuat sebagian besar pengecer memiliki banyak stok. Hal ini terutama berlaku untuk monitor pasar massal arus utama yang dijual dengan harga terjangkau.

Berikan perhatian khusus pada musim belanja akhir musim panas dan musim gugur. Monitor melihat diskon besar selama penjualan karena pengecer membersihkan inventaris lama. Diskon $100 hingga $200 adalah hal biasa. Jangan menghindar dari kesepakatan monitor terbaik tahun lalu juga. Monitor telah meningkat selama bertahun-tahun, tetapi keuntungan dari tahun ke tahun seringkali tidak signifikan.

Jika Anda ingin membeli monitor gaming dan perlengkapannya Anda dapat membelinya di Sell Gaming Monitor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *