November 28, 2022

Pada titik waktu tertentu, baik selama masa kanak-kanak atau masa dewasa kita, kita telah menghabiskan waktu di kursi dokter gigi untuk cara menyembuhkan sakit gigi berlubang mengisi rongga. Adalah normal untuk memiliki bakteri di mulut kita yang tidak menyebabkan kerusakan atau kerusakan pada kebersihan mulut atau gigi kita. Sayangnya, beberapa bakteri, bersama dengan faktor lain, dapat berbahaya dan menyebabkan gigi berlubang yang secara resmi disebut karies gigi. Sebuah rongga persis seperti apa kedengarannya, sebuah lubang di gigi Anda. Jika tidak terisi, itu dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan yang bisa lebih sulit diperbaiki dalam jangka panjang. Berikut adalah beberapa penyebab utama gigi berlubang dan apa yang dapat kita lakukan untuk memperbaikinya.

Sebuah rongga tidak akan terbentuk dalam semalam, melainkan melalui suatu proses yang menghasilkan rongga tersebut. Bakteri di mulut Anda bisa menjadi berbahaya yang menciptakan asam yang menyebabkan terciptanya lubang di gigi Anda. Bakteri jahat di mulut Anda menempel pada email keras yang menutupi gigi Anda yang merupakan awal pertama dari proses berbahaya. Bakteri kemudian dapat mulai berkembang biak dan menyebabkan plak yang menyebabkan erosi pada gigi yang mengakibatkan lubang, atau rongga.

Sayangnya, makanan manis bisa meningkatkan proses erosi dan kerusakan gigi. Sama seperti orang mendapatkan energi untuk hidup melalui kalori makanan, bakteri berbahaya mendapatkan energinya dari makanan manis seperti permen. Gigi berlubang sering terjadi pada anak-anak karena mereka diketahui makan banyak permen dan tidak selalu menyikat gigi atau melakukan pekerjaan yang memadai. Penting bagi orang tua dan dokter gigi untuk mengajarkan anak sejak dini pentingnya menyikat gigi.

Ada faktor lain selain makanan manis yang bisa menyebabkan gigi berlubang. Beberapa faktor adalah kondisi medis yang menurunkan jumlah air liur di mulut Anda yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Faktor lain termasuk makan makanan yang buruk atau merokok misalnya. Anda dapat meminimalkan jumlah karies gigi dengan makan dengan benar, makan lebih sedikit makanan manis, dan menyikat gigi setiap habis makan. Anda tidak perlu malu dengan cara apa pun jika Anda memiliki gigi berlubang, karena kebanyakan orang akan memilikinya dalam hidup mereka.

Jika gigi berlubang tidak diobati, kerusakan dan rasa sakit bisa menjadi sangat buruk. Sebuah rongga diperlakukan dengan mengisinya. Jika sangat parah, Anda mungkin harus menjalani prosedur dioda laser gigi untuk melakukan terapi jaringan lunak misalnya.

Anda mungkin juga memerlukan mahkota atau saluran akar di beberapa titik. Jika rongga tidak dirawat, skenario terburuknya adalah pencabutan gigi. Anda dapat mencegah skenario seperti itu dengan merawat gigi Anda, pergi ke dokter gigi saat tanda sakit, dan membersihkan gigi dua kali setahun oleh dokter gigi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *