November 28, 2022

Penyebab Infeksi Saluran Kemih, Gejala, Faktor Risiko, dan Cara Mencegahnya

Penyebab infeksi saluran kemih mesti dikenali oleh tiap-tiap orang. Pasalnya, penyakit ini seumpama tidak segera ditangani mampu berkembang menjadi situasi yang lebih serius, layaknya infeksi ginjal sampai kencing berdarah. Masalah kesehatn satu ini tidak dapat mengundang komplikasi seumpama ditangani sejak dini.

Oleh sebab itu, penyebab infeksi saluran kemih ini mesti kamu kenali. Masalah kesegaran yang mampu mengundang rasa sakit sementara membuang air kecil ini umumnya lebih kerap terjadi terhadap wanita dibandingkan pria, pasalnya ukuran uretra yang lebih pendek, dan jarak uretra yang lebih dekat dengan anus.

Penyebab infeksi saluran kemih adalah bakteri. Berbagai segi risiko penyebab infeksi saluran kemih ini mesti diperhatikan, sebab dengan begitu kamu mampu mencegahnya terjadi. Selain itu, tindakan pencegahan dengan perhatikan pola hidup sehat termasuk mesti dilakukan icd 10 isk .

Sebelum mengerti penyebab infeksi saluran kemih, kamu mesti mengetahui gejalanya khususnya dahulu. Gejala infeksi saluran kemih bergantung terhadap anggota mana dari saluran kemih yang terinfeksi. Infeksi saluran kemih saluran bawah pengaruhi uretra dan kandung kemih.

Gejala infeksi saluran kemih saluran bawah meliputi:

– Rasa terbakar dengan membuang air kecil

– Urin berdarah

– Urin keruh

– Urin yang terlihat layaknya cola atau teh

– Urin yang mempunyai bau kuat

– Nyeri panggul terhadap wanita

– Nyeri dubur terhadap pria

– Peningkatan frekuensi membuang air kecil tanpa melalui banyak urin. Ini meliputi permintaan yang kerap atau kuat untuk membuang air kecil, biarpun sedikit yang keluar.

Infeksi saluran kemih saluran atas pengaruhi ginjal. Ini mampu berpotensi mengancam jiwa kalau bakteri ubah dari ginjal yang terinfeksi ke didalam darah. Kondisi ini, yang disebut urosepsis, mampu menyebabkan tekanan darah rendah, syok, dan kematian. Gejala infeksi saluran kemih saluran atas meliputi:

– Rasa sakit di punggung anggota atas dan samping

– Panas dingin

– Demam

– Mual

– Muntah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyebab infeksi saluran kemih umumnya adalah infeksi bakteri. Sebagian besar infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri Escherichia coli (E. coli), umumnya ditemukan didalam proses pencernaan. Bakteri klamidia dan mikoplasma termasuk mampu menginfeksi uretra tapi tidak terhadap kandung kemih.

Infeksi saluran kemih diberi nama yang tidak sama bergantung di mana mereka muncul, yakni infeksi kandung kemih yang disebut sistitis, infeksi uretra yang disebut uretritis, dan infeksi ginjal yang disebut pielonefritis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *